ALERT! Jangan dibaca kalau belum nonton filmnya!

Gw anti banget nonton film horor nutup mata, soalnya kan rugi udah bayar tapi nontonnya merem. Tapi rupanya ada hal lain yang lebih seram daripada hantu-hantu dalam Pengabdi Setan sampai bikin gw meringis pengen merem.

  1. Bondi dan Ian pipis gak disiram
    Fix paling seram! Jauh lebih seram dibandingkan pocong-pocong dengan kafan kedodoran itu, tapi untungnya mereka berdua lucu.
  2. Kebanyakan makan mecin bikin gigi taring tumbuh. INI SERAM BANGET GAK SIH KALO BENERAN TERJADI?!
  1. Bapak di Pengabdi Setan lebih keren dibandingkan semua bapak-bapak yang pernah gw kenal. Padahal katanya gak punya uang. Sampai harus gadai rumah sama jual motor. Terus makannya kalau gak indomie ya telor ceplok. Tapi gayanya selalu on point. Hufhhh.
  1. Kehidupan sebelum adanya internet
    Buat ngasih revisian artikel aja, harus ada nyawa yang dikorbankan dalam Pengabdi Setan. Seram abis kan?! Wahai warganet budiman, mari mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang jasa Leonard Keinrock dan Ray Tomlinson karena telah menciptakan internet dan email.
  1. Dimas Aditya gondrong!
    Gw sering tuh merhatiin FTV SC*V, nah kebetulan mas Dimas Aditya ini sering main FTV jadi gw cukup familiar sama wajahnya. Tapi demi segala yang bernafas di atas bumi ini, gw syok abis waktu doi muncul dengan rambut gondrongnya dalam Pengabdi Setan. Tapi scene doi kecelakaan art-nya epic!
  1. Gak bisa ikutan melafalkan ayat suci
    Asli gw hampir merem waktu si Bapak dan Toni diem aja waktu pengajian. Awkward berat cuy. Ini tuh ibarat kalau lagi konser musik orang-orang sekitar lo asik sing-along tapi lo kaga tau lagunya. Mending pulang aja deh.
  1. Ga ada satu pun aktor perempuan memamerkan belahan dadanya
    Film horor Indonesia punya sejarah panjang terkait eksploitasi tubuh wanita dan hal-hal seronok lainnya. Kalau lo nonton film horor Indonesia karena pengen melihat yang ngehe-ngehe, Pengabdi Setan bakal jadi mimpi buruk sih. Soalnya Pengabdi Setan yang satu ini sangat alim, guys. Paling banter lo ngeliat Endy Arfian pake tank-top. Anti vulgar-vulgaran club deh. Ini keseraman yang patut dijadikan teladan oleh filmmaker lain!
  1. Absennya Ario Bayu
    Ini personal, sih, seremnya. Jadi gw tuh selalu beranggapan bahwa Fachri Albar dan Ario Bayu itu go-to-actors-nya Joko Anwar. Seperti Leonardo DiCaprio ke Martin Scorsese. Terus karena gw gak begitu tahu menahu siapa-siapa aja pemainnya, jadi sepanjang film gw nungguin kemunculan kedua aktor ini. Hingga hampir di penghujung film mereka tidak menampakkan diri, gw takut banget. Tapi akhirnya salah satu dari mereka muncul juga haha
  1. P L O T H O L E S
    Pengabdi Setan punya beberapa plotholes yang bikin penonton merem-merem pengen dugem gara-gara gagal paham, ya tapi namanya juga film. Masih bisa kumaafkan karena jogetnya Asmara Abigail dan Fachri Albar life goals

Jadi sekian 9 hal yang lebih nyeremin dalam film Pengabdi Setan dibandingkan hantu-hantunya. Semoga ibu tidak datang lagi!

(Bulan Tamara Horo)