Lion (2016) Duration: 2 jam | Director: Garth Davis | Writer: Luke Davies | Cast: Dev Patel, Sunny Pawar, Rooney Mara, David Wenham, Nicole Kidman.

Film Lion merupakan film yang dirilis tahun 2016 dari Australia-Amerika Serikat. Film yang disutradarai oleh Garth Davis ini bergenre drama dan dirilis pada 24 November 2016. Awalnya, film ini berasal dari buku A Long Way Home dari Saroo Brierley Larry Buttrose yang diangkat dari kisah nyata. Lion berdurasi 118 menit yang dibintangi oleh Dev Patel, Sunny Pawar, Rooney Mara, David Wenham, Nichole Kidman dan actor lainnya. Film ini berkisah tentang seorang anak yang hilang dari keluarganya. Setelah 25 tahun, akhirnya anak tersebut mencari orangtuanya kembali. Di sini, Saroo Brierley mencari orangtuanya dengan mengandalkan Google Earth.

Film ini terbagi dalam dua keadaan, yaitu saat Saroo kecil dan ketika Saroo sudah dewasa. Saat Saroo kecil, dia hidup dengan sederhana disebuah rumah kecil di India. Saroo dan keluarganya hidup serba keterbatasan tetapi tetap bahagia. Satu hari Saroo dan kakaknya,Guddu pergi menaiki kereta. Perjalanan yang awalnya biasa, ternyata membawa Saroo pada keadaan tak terduga. Saroo kehilangan jejak kakaknya. Saroo yang masih kecil dan sendiri bingung mencari jalan pulang dan tak tahu bagaimana harus bertindak.

Sosok Saroo kecil ini akan membuat kita sangat prihatin. Pengangkatan beberapa situasi di dalam film ini berhasil mengeluarkan sisi emosional kita. Penggambaran beberapa tempat dan keadaan juga akan membuat kita sadar pada beberapa keadaan tanpa harus banyak penjelasan. Ini yang membuat film Lion memberikan banyak kesan kepada penontonnya.

Saroo sudah dewasa. Usianya sudah 30an. Kehidupan Saroo sudah perlahan membaik. Orangtua angkatnya sangat baik padanya. Kehidupan Saroo juga lebih  mampu daripada di India. Saroo hidup dengan serba kecukupan. Kehidupannya yang baik masih meninggalkan suatu hal yang terpendam dalam hatinya. Saroo masih memikirkan tentang orangtua aslinya. Hingga Saroo akhirnya memutuskan untuk mencari keluarga aslinya setelah 25 tahun.

Penggambaran Saroo dewasa dalam film ini cukup baik. Terlihat dari ceritanya yang mulai memberikan kebahagiaan pada Saroo. Konflik Saroo dewasa sebenarnya terlihat umum, yaitu dilema mencari orangtua dan beberapa masalah lain yang sederhana. Hal ini dapat membuat rasa bosan terutama pada beberapa adegan. Ditambah dengan durasi yang cukup lama. Tetapi penyelesaian dan pengambilan beberapa solusi dapat meningkatkan fokus kita kembali. Pada bagian akhir kita akan dibuat terhanyut kembali dalam film.

Film Lion ini memberikan gambaran betapa eratnya hubungan keluarga. Kisah sedih yang berakhir bahagia mampu membuat kita sadar akan pentingnya keluarga. Film ini mampu menggerakkan hati para penonton hingga membawanya untuk masuk pada beberapa nominasi dalam Academy Award.  Seperti nominasi film terbaik, skenario terbaik, aktris dan aktor pendukung terbaik, dan sinematografi terbaik. Bukan hanya sekedar nominasi, “Lion” juga mendapatkan banyak penghargaan. Seperti: Penghargaan AACTA untuk Aktor terbaik, Penghargaan British Academy Film Award untuk skenario adaptasi terbaik, Directors Guild of America Award for Outstanding Directing-first-time feature film, dan beberapa penghargaan lainnya.

Film ini sangat cocok ditonton saat liburan. Terutama bersama keluarga. Cerita yang sangat menarik dan memberi banyak makna ini akan membuat waktu santai bersama keluarga menjadi lebih berwarna.

 

Maya Fahel Lubis