Mother (2009) | Duration: 2h 9m | Director: Bong Joon-ho | Writer: Bong Joon-ho, Park Eun-kyo | Cast: Kim Hye-ja, Won Bin | Country: South Korea

 

Mother adalah film Korea Selatan bergenre misteri drama yang dibumbui thriller. Film yang berjudul asli Madeo ini dirilis pada tahun 2009 dengan Joon Ho Bong sebagai sutradara.  Dalam film ini kita dalam melihat acting darI Kim Hye-ja, Won Bin, Jin Goo dan sederet bintang top korea lainnya. Film ini bercerita tentang sosok ibu yang melindungi anaknya dari tuduhan pembunuhan seorang gadis sekolah. Film yang memberikan penggambaran sosok Ibu dengan cara yang berbeda. Film ini sangat menarik dan unik karna kita dalam mengetahui betapa besar kasih sayang Ibu dengan cerita yang tak biasa. Dalam durasi 128 menit ini kita akan dibuat terhibur dengan berbagai konflik yang disajikan.

Mother adalah film yang berlatar disebuah desa kecil. Hye-ja menjadi sosok ibu dari anak yang mempunyai keterbelakangan mental, Do-joon. Do-joon  sudah berusia 20an hidup bersama ibu yang selalu menjaganya. Film ini dimulai dengan seorang ibu (Hye-ja) yang menari sendiri dengan raut wajah sedih dihamparan ilalang yang luas. Dari awal kita sudah dibuat menebak apa yang terjadi dengan Hye-ja. Kehidupan Do-joon berubah saat dipagi hari terdapat seorang gadis sekolah yang berbunuh didesa. Do-joon menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan ini. Dengan beralasan bahwa Do-joon mengikutinya sehari sebelum meninggal membuat Do-joon harus berada dalam penjara. Do-joon yang mempunyai keterbelakangan mental membuat dia susah untuk membela dirinya dan menjadi pihak lain mengambil keuntungan dari itu. Hye-ja yang menjadi ibu dari Do-joon berusaha mencari kebenaran dari kasus pembunuhan ini yang mengantarkannya pada beberapa situasi dan kebenaran. Disini kita dapat melihat beratnya perjuangan Hye-ja membukti anaknya tidak bersalah sedangkan banyak pihak yang tidak membantunya. Dalam situasi ini berhasil menimbulkan rasa prihatin kita. Penggambaran kehidupan Ibu juga dibawa dengan cara yang menarik sehingga kita mengerti kesusahannya. Satu-per satu petunjuk mulai terlihat dan kita diantarkan pada kebenaran yang mencengangkan. Ending film ini dapat dikatakan tidak terduga. Walaupun film ini memiliki ide cerita yang serius tetapi dapat dipastikan tidak akan membuat kita bosan saat menonton. Selipan komedi yang ada dalam film dapat mengundang tawa para penontonnya.

Dengan segala makna dan pesan yang ada dalam film membuat kita menguras banyak emosi saat menontonnya. Penyajian cerita maupun gambar serta segala yang dalam film membuat kita mengikuti alurnya dengan baik.  Film ini memberikan pemahaman baru serta memberikan kesan tentang Ibu. Dari sekian banyak film korea, maka “Mother” menjadi salah satu film rekomendasi yang wajib ditonton. Tak heran jika film Mother ini mendapatkan banyak penghargaan. Penghargaan Film Blue Dragon untuk Film terbaik pada 2009. Penghargaan Film Blue Dragon untuk Actor Pendukung Terbaik, Penghargaan Film Blue Dragon untuk sinematografi terbaik, Penghargaan Film Asia untuk film Terbaik, dan masih banyak lagi kemenangan dalam Penghargaan Film Asia.

Tak hanya seasia, film Mother juga masuk pada nominasi Academy Award for Foreign Language Film. Tak heran jika film ini banyak digemari oleh penontonnya. Film yang kesannya susah dijelaskan dengan kata-kata tetapi menyimpan banyak makna dalam diri.film ini juga berisi teka-teki yang membuat kita meragukan pemahaman kita sendiri. Itulah hal menarik lain yang membuat film Mother ini digemari

Film ini adalah film yang sangat cocok ditonton pada saat liburan. Jika Anda bosan dengan genre yang begitu-gitu saja dan ingin menonton sesuatu yang berbeda, maka film ini sangat cocok untuk ditonton. Selain itu, film ini juga film yang sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan. Selamat menonton.

 

Maya Fahel