Who Am I (2014) | Duration: 1h 46m | Director: Baran bo Odar |  Writer: Baran bo Odar, Jantje Friese | Cast: Tom Schilling, Elyas M’Barek | Country: German

 

Who Am I – No System is Safe atau dalam bahasa Jerman: Who Am I – Kein System ist sicher adalah film techno-thriller Jerman yang dirilis pada tahun 2014 yang disutradarai oleh Baran bo Odar.

Film ini bercerita tentang Benyamin Engel (Tom Schilling) yang awalnya hanyalah anak biasa pada umumnya yang memiliki cita-cita menjadi super hero di dunia nyata namun masa lalunya yang kelam membuatnya tumbuh menjadi pemuda yang tertutup dan penyendiri. Ayahnya yang kabur dari Prancis sejak ia lahir, ia bahkan tidak pernah bertemu dengannya. Kemudian diumurnya yang ke 8 tahun ia menemukan ibunya yang memiliki 4 kepribadian ganda bunuh diri dirumah dan semenjak itu ia diasuh sebatangkara oleh neneknya yang menderita penyakit Alzhaimer.

Cerita ini dimulai dengan ditangkap dan diintrogasi oleh seorang detektif kepolisian Hanne Lindberg (Trine Dyrholm), dari sini Benjamin menceritakan bagaimana dirinya bisa tertangkap.

Kehidupan nyata bagi Benjamin adalah sampah, orang-orang selalu menganggapnya sebagai orang aneh dan pecundang. Maka ia memutuskan untuk menghabiskan hidupnya di dunia maya. Benjamin bisa dibilang adalah seorang master dalam membaca bahasa mesin. Sampai suatu hari Benjamin memberanikan diri meretas sistem kampus untuk mencuri soal ujian hukum untuk Marie (Hannah Herzsprung) gadis yang dicintai dari dulu, tujuannya hanya satu, agar ia diingat oleh pujaan hatinya. Namun sialnya, ia tertangkap oleh penjaga kampus.

Menjalani hukuman 50 jam pelayanan masyarakat atas apa yang telah dilakukannya ternyata membawa Benjamin berkenalan dengan Max (Elyas M’barek), Stephan (Wotan Wilke Möhring), dan Paul (Antoine Monot Jr.). Mereka bertiga adalah hacker handal yang memiliki keahlian dalam bidang masing-masing. Mereka berempat pun membentuk grup hacker yang bernama CLAY singkatan dari Clowns Laughing At You.

Tom Schilling yang memerankan Benjamin yang kaku, pendiam, penakut, freak dengan sangat apik. Dan Bahkan ending film ini disajikan dengan Twist yang super apik  dan berbeda dengan film yang mengangkat tema teknologi lainnya ditambah dengan alurnya yang maju-mundur sehingga penonton tidak bisa menebak akhir dari cerita. Who Am I memberikan pelajaran pada kita bahwa terkadang orang yang kita anggap remeh adalah orang yang terkuat.

 

“Jika kau mengetahui trik-nya, itu akan membuatmu kecewa” – Benjamin Engel

 

Sabrina Mulia