Moviekom 2019: Intuisi dan Harmoni

Sebagai wadah apresiasi film calon anggota CC setiap tahunnya, Moviekom tahun ini hadir dengan tema “Intuisi dan Harmoni”. Berlangsung selama tiga hari, kegiatan yang diadakan berupa temu komunitas, pemutaran dan diskusi film 27 Steps of May, pemutaran film Holiday Production CC, film calon anggota CC, serta awarding night.

“Intuisi dan Harmoni” menurut Project Officer Moviekom 2019 Quraish Setyaki, dipilih karena Moviekom ingin menggambarkan bahwa dalam berkaya, terutama film tentu melibatkan banyak orang dalam prosesnya. Dari setiap individu itupun memiliki idealisme dan visinya masing-masing. Di sini kita bisa lihat bagaimana proses pembuatan film ini dapat menyatukan semuanya hingga memunculkan harmonisasi dan intuisi dari hati, dimana kalau memang ikhlas dan tulus pasti bangga dengan hasil yang didapat.

Moviekom 2019 dilaksanakan pada 23, 25 dan 26 April di tiga tempat yang berbeda. Temu komunitas yang diadakan pada 23 April bertempat di Kanal Co-Working Space, Skyland. Sebelum menuju acara temu komunitas, pengunjung dapat mengikuti pemutaran dan diskusi film-film dari berbagai komunitas tersebut tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Film-film yang ditayangkan antara lain: Senandung Kala itu, Galuh Aryanti, Kunang-kunang di Ujung Petang, Mayhem of the Taintless Mind, Sama tapi Tak Serupa, Siti Madosi Gusti, dan Burung yang tak Kau Hendaki Berkicau.

Quraish menambahkan, temu komunitas ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi komunitas film yang ada di Jatinangor, Bandung, dan sekitarnya untuk berkumpul bersama, bertukar pikiran, dan menambah relasi. Temu komunitas ini merupakan langkah awal kami sebagai komunitas film untuk menjaga hubungan yang baik ke depannya.

Sebelum menuju acara temu komunitas, pengunjung dapat menyaksikan dan mengikuti diskusi film-film dari berbagai komunitas tersebut tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Film-film yang ditayangkan antara lain: Senandung Kala itu, Galuh Aryanti, Kunang-kunang di Ujung Petang, Mayhem of the Taintless Mind, Sama tapi Tak Serupa, Siti Madosi Gusti, dan Burung yang tak Kau Hendaki Berkicau.

Pada 25 April, Moviekom berhasil menghadirkan orang-orang dibalik film 27 Steps of May: Ravi Bharwani sebagai sutradara serta Wilza Lubis sebagai produser untuk menonton dan diskusi bersama di XXI Jatinangor Town Square. 

Hari terakhir, bisa dikatakan merupakan harinya bagi para calon anggota CC. Bertempat di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, acara dibuka dengan menonton film Holiday Production CC yang berjudul Elegi Sebelum Gelap dan Sahabat Sepatu. Kemudian, dilanjutkan dengan pemutaran film calon anggota CC, dikusi, sampai akhirnya menuju awarding night.

Terdapat enam film calon anggota CC, yang berjudul Sebelum Layung itu Hilang, Bahas Mimpi, Beralih, Mas?, Hidden Cat, dan Ginanjar. Meski jumlah film calon anggota CC tahun ini menurun, namun tidak turut serta menurunkan kualitasnya. Film-film tersebut dapat meraih penghargaan yang telah diberikan penilaian dari para juri.

Penghargaan Moviekom 2019:

  • Best Lead Actor – Sebelum Layung Itu Hilang (Lala Maryani)
  • Best Film Editing – Hidden Cat
  • Best Scenario – Ginanjar
  • Best Cinematography – Hidden Cat
  • Best Directing – Beralih
  • Best Film – Hidden Cat
  • Best Scoring – Mas?
  • Best Sound – Hidden Cat
  • Best Artistic – Bahas Mimpi

Moviekom setiap tahunnya hadir sebagai wadah apresiasi, serta sebagai bentuk para anggota CC untuk terus semangat berkarya. Sampai bertemu di Moviekom 2020!

Ikuti akun Instagram Moviekom agar tidak tertinggal keseruan-keseruan selanjutnya:
@moviekom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *