#SENOPATI Terlalu Tampan: Derita Berkelanjutan Si Terlalu Tampan

Terlalu Tampan (2019) | Director: Sabria Rochelle Kalangie | Writer: Sabrina Rochelle Kalangie, Nurita Anandia | Cast: Ari Irham, Calvin Jeremy, Rachel Amanda, Nikita Willy | 106 min

Mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa hidup akan lebih mudah dijalani kalau kita terlahir good looking. Cari pacar gampang, dapet kerjaan gampang, pansos gampang, dapet endorse juga gampang. Tapi, gimana kalau kita terlahir dalam kondisi terlalu good looking? Kondisi itulah yang diulik dalam film Terlalu Tampan besutan Sabrina Rochelle Kalangie ini.

Terlalu Tampan adalah film pertama hasil kerjasama dari rumah produksi Visinema Pictures dan Line Webtoon. Dalam kerjasama ini, Visinema selaku rumah produksi berkomitmen untuk mengadaptasi empat judul Webtoon asli Indonesia untuk diangkat ke layar lebar. Sebagai projek pertama, Visinema membuat keputusan yang cukup berani untuk meng-hire Sabrina Rochelle Kalangie sebagai sutradara.

Perlu diketahui, Terlalu Tampan merupakan karya pertamanya sebagai sutradara setelah sebelumnya lebih dikenal karena berperan sebagai Mira di film Love For Sale. Bukan hanya itu, jajaran cast juga diisi oleh bintang-bintang muda seperti Ari Irham, Calvin Jeremy, Nikita Willy, dan Rachel Amanda. Lalu, bagaimana hasilnya?

Terlalu Tampan memiliki inti cerita yang mirip dengan Webtoon aslinya, yaitu mengenai keseharian seorang anak laki-laki anti sosial bernama Mas Kulin (Ari Irham) yang hidup di keluarga yang terlalu tampan mulai dari ayahnya (Marcellino Lefrandt), kakaknya (Tara Budiman), bahkan ibunya (Iis Dahlia). Selalu mengurung diri di kamar karena ketampanannya yang luar biasa mampu merugikan banyak orang, akhirnya Mas Kulin terpaksa bersekolah di sekolah khusus laki-laki karena muslihat  keluarganya sendiri. Dari situ, hidupnya berubah setelah mengenal Kibo (Calvin Jeremy) dan jatuh cinta pada Rere (Rachel Amanda).

Perlu diketahui bahwa Webtoon Terlalu Tampan garapan Mas Okis memiliki nuansa humor garing nan absurd yang sulit untuk diaplikasikan pada media lain seperti film. Tetapi, penyesuaian yang dilakukan pada naskah adaptasi filmnya ternyata mampu bekerja dengan efektif. Humor absurd semacam keringat Mas Kulin yang mampu mengubah orang lain menjadi tampan dapat diaplikasikan menjadi sebuah situational jokes yang mengalir secara alami, ringan, dan menghibur.

Kita akan dibuat penasaran mengenai sosok Mas Kulin mulai dari pemikirannya, perasaannya, maupun kemampuan unik dari ketampanan Mas Kulin. Naskahnya juga mampu mengaduk perasaan dan persepsi penonton terhadap Mas Kulin ketika kita sampai pada babak terakhir film. Sayangnya, kebanyakan barisan pendukung pada film ini hanya dihadirkan lewat penceritaan yang dangkal sekalipun ia memiliki peran yang penting pada perjalanan Mas Kulin dalam menghadapi dunia luar.

Sekalipun beberapa peran hanya memiliki karakterisasi yang dangkal, tapi tidak ada satupun yang berakting setengah-setengah termasuk mbak-mbak penjaga kasir yang bertemu Mas Okis dan Mas Kulin di supermarket. Ari Irham berhasil menunaikan tugasnya sebagai peran utama dengan baik. Sedangkan kredit lebih patut diberikan kepada Calvin Jeremy atas perannya sebagai Kibo. Penampilan young, fresh, and natural khas anak muda yang diusung oleh Sabrina Rochelle untuk para aktornya juga didukung dengan tata artistik yang sangat mumpuni. Mulai dari setting, warna, hingga pakaian yang dikenakan, semuanya ditata dengan jeli hingga mampu membangun suasana yang pas ketika berpadu dengan tata kamera yang rapi dan soundtrack yang tepat guna.

Overall, Terlalu Tampan merupakan film yang dibuat bukan hanya untuk fan service bagi para pembaca Webtoonnya, melainkan juga sebuah kesempatan bagi para penonton untuk dapat mengambil pelajaran dari film ini. Konsep ringan dan menghibur menjadikannya tetap enak untuk ditonton berulang kali. Film ini secara tidak langsung juga telah menetapkan standar yang cukup tinggi bagi film-film adaptasi Webtoon yang akan diciptakan setelahnya.

Penulis: Mufti

Penyunting: Arvin Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *