#SENOPATI The French Connection: Kisah Polisi yang Klasik

The French Connection (1971) | Director: William Friedkin | Writer: Ernest Tidyman | Cast: Gene Hackman, Roy Scheider, Fernando Rey | USA | 104 Min

The French Connection adalah film bergenre crime yang diangkat dari kisah nyata mengenai suatu kasus penyelundupan narkoba yang terjadi di New York pada tahun 1970. Disutradarai oleh William Friedkin (The Exorcist, 1973) film ini mendapat 5 piala Oscar pada tahun 1972, diantaranya Best Picture (Phillip D’Antoni), Best Director, Best Actor (Gene Hackman), Best Adapated Screenplay (Ernest Tidyman), dan Best Film Editing (Gerald B. Greenberg).

Jimmy “Popeye” Doyle (Gene Hackman), seorang polisi yang sedang bersama partnernya, Buddy “Cloudy” Russo (Roy Scheider), sedang bersantai di suatu bar pada malam hari. Melihat seorang pria misterius duduk dengan orang-orang berpengaruh di suatu meja, Popeye dan  Cloudy memutuskan untuk memata-matai orang misterius tersebut yang membawa mereka kepada bos mafia narkoba berkebangsaan perancis yang bernama Alain Charnier (Fernando Rey).

Bertema detektif dan kriminal yang diangkat dari kisah nyata, The French Connection bukan film yang menyajikan cerita tentang polisi berkarakter baik melawan penjahat yang dibalut dengan adegan penuh aksi, melainkan bagaimana instansi kepolisian pada saat itu khususnya sang protagonis Popeye yang ceroboh dalam menjalani aksinya untuk mengungkap kasus tersebut. Dengan gaya layaknya  bad cop Popeye melakukan caranya  yang agak brutal, menganggap dirinya sebagai aparat yang superior dan penuh ambisi. Bertolak dengan partnernya, Cloudy, justru adalah sosok good cop yang lebih cermat, ia selalu menahan ego yang dimiliki Popeye.

Ibarat Popeye sebagai ototnya, dan Cloudy sebagai otaknya. Di sisi lain, sang antagonis, Alain Charnier digambarkan sebagai sosok yang penuh intrik, seorang “mastermind” yang selalu selangkah lebih dulu dari para penegak hukum. Kombinasi yang saling melengkapi inilah yang membuat alur cerita The French Connection menjadi lebih dinamis namun, tidak menghilangkan nuansa suspense dan misterinya sebagai film bergenre crime.

Dikemas dengan balutan visual yang sederhana dan akting serta pergerakan karakter yang natural, membuat film ini terkadang seperti sebuah film dokumenter. Namun bukan berarti hal tersebut mengurangi daya tarik film ini untuk dinikmati, melainkan  membuat film ini mempunyai gaya keunikan yang tersendiri. Diiringi dengan scoring yang sangat berciri khas      ke-suspensesuspense-an membuat film ini semakin jelas identitasnya sebagai film crime. Tidak hanya menyajikan nuansa yang berbau-bau misteri, The French Connection juga menghadirkan adegan-adegan aksi didalamnya, yang cukup menarik untuk sebuah film klasik pada tahun 1970-an.

The French Connection merupakan salah satu film yang berprestasi pada masa nya di tahun 1970-an. Walaupun sangat klasik, bukan berarti film ini tidak lagi dapat dinikmati. Pengemasan sederhananya yang sangat berbeda sekali dengan film 2010-an, menjadikan film ini menarik untuk ditonton. Film yang diadaptasi dari sebuah kisah nyata ini tidak menjadikan plot twist sebagai senjata utama dalam alur ceritanya, tetapi dengan pergerakan-pergerakan karakter yang terasa natural lah yang membuat film ini menjadi menarik.  Dengan begitu, The French Connection merupakan salah satu film unik yang sayang sekali jika dilewatkan khususnya bagi pecinta genre crime.

Penulis: Ian Iqbal

Penyunting: Arvin Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *