Our Story

Berawal dari sekumpulan mahasiswa pecinta film, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang akrab disebut CC (Cinematography Club) tersebut berdiri pada 30 Maret 1996. Pada awalnya, CC sendiri bukan merupakan suatu UKM, melainkan hanya sekumpulan mahasiswa pecinta film yang tergabung bersama pecinta musik dan fotografi dalam komunitas bernama Ventilasi. Barulah pada tahun 2006 CC resmi berdiri menjadi UKM di bawah kepemimpinan Arif Ramansyah.

Kegiatan produksi yang diselenggarakan oleh CC lebih terfokus pada film pendek. Namun, CC sempat memproduksi film panjang pertama berjudul Cobek pada tahun 2006. Produksi film panjang kembali berlanjut hingga tahun 2009.

Setiap tahunnya, UKM yang juga menggarap karya sinematografi ini mengadakan workshop film sebagai cara kaderisasi anggota baru. Workshop film diselenggarakan dengan tujuan memberikan edukasi dasar tentang film. Workshop tersebut selalu mendatangkan filmmaker-filmmaker ternama sebagai pembicara, di antaranya Salman Aristo dan Sammaria Simanjuntak. Di penghujung rangkaian workshop, CC selalu menghasilkan setidaknya 8 film pendek karya anggota baru yang kemudian ditayangkan dan diapresiasi dalam acara Moviekom.

Saat penerimaan anggota baru, CC menyelengarakan program produksi film calon anggota yang kemudian ditayangkan di Moviekom. Selain itu, terdapat program produksi film lain yang bisa diikuti setelah menjadi anggota CC. Program-program tersebut di antaranya produksi film liburan dan produksi film omnibus.

Film-film pendek yang dihasilkan CC tidak hanya unjuk gigi di kalangan Fikom Unpad saja. Belakangan ini, film CC yang berjudul Brunch Time Story telah ditampilkan dalam acara Domino Bioskop Kampus di Bale Rumawat Dipati Ukur dan menjadi bahan diskusi film dalam Brawijaya Movie Exhibition pada Oktober 2014. Selain itu, pada rentang 2013 hingga 2014, film-film CC telah menorehkan beberapa prestasi, di antaranya meraih penghargaan ide cerita terbaik dalam Bandung Youth Short Film Festival 2014 dan sinematografi terbaik kategori umum pada Festival Olahraga dan Seni (Forsi) Unpad 2014. Tidak hanya itu, beberapa anggota CC pernah tergabung dalam tim produksi film Lembar Jawaban Kita bersama para ALB CC dan menghasilkan film yang meraih penghargaan Film Pendek Fiksi Naratif pilihan juri IMPAS dalam XXI Short Film Festival 2014 dan Film Terbaik serta Sutradara Terbaik Festival Film Jawa Barat (FFJB) 2015.

Semangat membuat karya sinematografi dalam diri anggota CC kian berlanjut. CC banyak mencetak alumnus yang tetap berada di jalan sinematografi dan film. Selain Robby Prasetyo yang kini menjadi founder Mozzart Multimedia, ada Abdalah Ghifar mantan Ketua Ruang Film Bandung, dan Lulu Fahrullah mantan editor Cinemags.


TONTON PROFIL DAN PERJALANAN CC FIKOM UNPAD!

[huge_it_videogallery id=”2″]